Rabu, 15 Mei 2013

perawatan pc


   perawatan PC fungsinya sangat penting, komputer itu hampir sama seperti manusia, butuh perawatan agar terlihat sehat dan bersih.
 cara merawat pc yang benar :

1. defrag
    yaitu salah satu cara sederhana tetapi membawa dampak besar bagi komputer..
    defrag adalah proses merapikan data pada harddisk untuk mempercepat memproses data dan           mengoptimalkan kecepatan kerja komputer/proses merapikan data untuk mengoptimasi kinerja pada hardisk. proses defrag biasaanya dilakukan pada sistem operasi windows agar mengoptimalkan kinerja pada hardisk. para pengguna windows rutin mendefrag agar kinerja hardisk tidak lemot.
      mendefrag hardisk juga merupakan salah satu kegiatan meintenance komputer. dalam hal ini memaintance isi hardisk menggunakan suatu software yang disebut software disk defragmenter. software defragmenter ini berfungsi untuk mengorganize isi hardisk kita agar jumlah yang terfragmentasi didalamnya berkurang. file-file yang yang terfragmentasi adalah file-file yang terpisahkanoleh suatu jarak didalam hardisk kita, jarak-jarak tersebut bisa terjadi karena kita menghapus file-file didalam hardisk kita atau karena kita meng-uninstall aplikasi. jadi kegiatan mendeffrag hardisk ini bertujuan untuk mengjhilangkan jarak-jarak antara file-file agar waktu aksesnya menjadi lebih cepat. software untuk mendefragt cukup banyak diantaranya : diskeeper, perfectdisk auslogiscs disk defrag an obit sinart defrag tetapi kita dapat menggunakan program bawaan windows tidak perlu menambahkan aplikasi.

2. ventilasis yang cukup
     tempatkan monitor maupun CPU pada tempat yang memiliki ventilasi udara yang cukup dari dan ke monitor CPU cukup lancar, oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding atau tembok minimal 30cm. kalau perlu pasang kipas pendingin didalam ruangan.

3. pakailah ups atau stavolt
     ups singkatan dari uninteruptable power system yaitu baterai dgn inverter yang berfungsi sebagai penstabil tegangan dan penanggung daya untuk beberapa waktu saat padam listrik.

4. bersihkan debu yang menempel pada motherboard dan periperal lain.

5. gunakan udara bertekanan tinggi (komposer)

6. perhatikan pemasangan motherboard dan periperal lain

7. ada sekrup yang kurang atau kendor. lengkapi dan kencangkan sekrup tersebut.

8. sesuaikan OS dan aplikasi dewan spesifikasi komputer dan jangan menyimpan data terlalu besar pada hardisk

9. jangan gunakan PC untuk game-game berat kecuali komputer anda dirancang untuk game

10. gunakan antivirus yang selalu update jika perlu setiap hari update, dengan adanya antivirus akan membantu merawat PC kita dari virus-virus yang sangat merugikan

11. gunakan pendingin ruangan untuk PC agar suhu tidak terlalu panas

12. lakukan instalasi ulang OS aplikasi jika dirasa perlu

13. seringlah membersihkan sampah di recyle bin selalu melakukan back up pada data yang dirasa penting

14. jangan terlalu lama membiaarkan komputermu tidak terpakai minimal setiap hari komputer dihidupkan sampai dengan 2 jam agar CPU tetap hangat

15. hindarkan komputer dari gangguan, getaran, hentakan pada saat komputer menyala karena berbahaya dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada hardisk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar